Grand Prix Sepeda Motor mengacu pada kelas puncak dari balap motor,
saat ini terbagi dalam tiga kelas mesin yang berbeda: Moto3, Moto2 dan
MotoGP. Motor-motor yang digunakan di MotoGP adalah motor yang dibuat
khusus untuk balapan dan tidak dijual untuk umum. Hal ini berlawanan
dengan beberapa balapan kategori produksi, seperti World Superbike yang melombakan versi modifikasi dari motor-motor yang tersedia untuk umum.
Kejuaraan dunia untuk balap motor pertama kali diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Motocyclisme
(FIM), pada tahun 1949. Pada saat itu secara tradisional telah
diselenggarakan beberapa balapan di tiap even untuk berbagai kelas
motor, berdasarkan kapasitas mesin, dan kelas untuk sidecars (motor
bersespan). Kelas-kelas yang ada saat itu adalah 50 cc, 125 cc, 250 cc,
350 cc, dan 500 cc untuk motor single seater, serta 350 cc dan 500 cc
untuk motor sidecars. Memasuki tahun 1950-an dan sepanjang 1960-an,
motor bermesin 4 tak mendominasi seluruh kelas. Pada akhir 1960-an,
motor bermesin 2 tak mulai menguasai kelas-kelas kecil. Pada tahun
1970-an motor bermesin 2 tak benar-benar menyingkirkan mesin-mesin 4
tak. Pada tahun 1979, Honda berusaha mengembalikan mesin 4 tak di kelas
puncak dengan menurunkan motor NR500, namun proyek ini gagal, dan pada
tahun 1983 Honda bahkan meraih kemenangan dengan motor 500 cc 2 tak
miliknya. Pada tahun 1983, kelas 350 cc akhirnya dihapuskan. Kelas 50 cc
kemudian digantikan oleh kelas 80 cc pada tahun 1984, tetapi kelas yang
sering didominasi oleh pembalap dari Spanyol dan Italia ini akhirnya
ditiadakan pada tahun 1990. Kelas sidecars juga ditiadakan dari
kejuaraan dunia pada tahun 1990-an, menyisakan kelas 125 cc, 250 cc, dan
kelas 500 cc.
GP 500,
kelas yang menjadi puncak balap motor Grand Prix, telah berubah secara
dramatis pada tahun 2002. Dari pertengahan tahun 1970-an sampai 2001
kelas puncak dari balap GP ini dibatasi 4 silinder dan kapasitas mesin
500 cc, baik jenis mesin 4 tak ataupun 2 tak. Akibatnya, yang mampu
bertahan adalah mesin 2 tak, yang notabene menghasilkan tenaga dan
akselerasi yang lebih besar. Pada tahun 2002 sampai 2006 untuk pertama
kalinya pabrikan diizinkan untuk memperbesar kapasitas total mesin
khusus untuk mesin 4 tak menjadi maksimum 990 cc, dan berubah menjadi
800 cc di musim 2007. Pabrikan juga diberi kebebasan untuk memilih
jumlah silinder yang digunakan antara tiga sampai enam dengan batas
berat tertentu. Dengan dibolehkannya motor 4 tak ber-cc besar tersebut,
kelas GP 500 diubah namanya menjadi MotoGP. Setelah tahun 2003 tidak ada
lagi mesin 2 tak yang turun di kelas MotoGP. Untuk kelas 125 cc dan 250
cc secara khusus masih menggunakan mesin 2 tak.
Balap untuk kelas MotoGP saat ini diselenggarakan sebanyak 17 seri di
15 negara yang berbeda (Spanyol menggelar 3 seri balapan). Balapan
biasa digelar setiap akhir pekan dengan beberapa tahap. Hari Jum’at
digelar latihan bebas dan latihan resmi pertama, kemudian hari Sabtu
dilaksanakan latihan resmi kedua dan QTT,
di mana para pembalap berusaha membuat catatan waktu terbaik untuk
menentukan posisi start mereka. Balapan sendiri digelar pada hari
Minggu, meskipun ada seri yang digelar hari Sabtu yaitu di Belanda dan Qatar.
Grid (baris posisi start) terdiri dari 3 pembalap perbaris dan biasanya
setiap seri balap diikuti oleh sekitar 20 pembalap. Balapan
dilaksanakan selama sekitar 45 menit dan pembalap berlomba sepanjang
jumlah putaran yang ditentukan, tanpa masuk pit untuk mengganti ban atau
mengisi bahan bakar. Balapan akan diulang jika terjadi kecelakaan fatal
di awal balapan. Susunan grid tidak berubah sesuai hasil kualifikasi.
Pembalap boleh masuk pit jika hanya untuk mengganti motor karena hujan
saat balapan.
Berikut adalah daftar juara dunia MotoGP:
Season
|
Rider
|
Nation
|
Constructor
|
1949
|
Leslie Graham
|
GREAT BRITAIN
|
AJS
|
1950
|
Umberto Masetti
|
ITALY
|
Gilera
|
1951
|
Geoff Duke
|
GREAT BRITAIN
|
Norton
|
1952
|
Umberto Masetti
|
ITALY
|
Gilera
|
1953
|
Geoff Duke
|
GREAT BRITAIN
|
Gilera
|
1954
|
Geoff Duke
|
GREAT BRITAIN
|
Gilera
|
1955
|
Geoff Duke
|
GREAT BRITAIN
|
Gilera
|
1956
|
John Surtees
|
GREAT BRITAIN
|
MV Agusta
|
1957
|
Libero Liberati
|
ITALY
|
Gilera
|
1958
|
John Surtees
|
GREAT BRITAIN
|
MV Agusta
|
1959
|
John Surtees
|
GREAT BRITAIN
|
MV Agusta
|
1960
|
John Surtees
|
GREAT BRITAIN
|
MV Agusta
|
1961
|
Gary Hocking
|
RHODESIA
|
MV Agusta
|
1962
|
Mike Hailwood
|
GREAT BRITAIN
|
MV Agusta
|
1963
|
Mike Hailwood
|
GREAT BRITAIN
|
MV Agusta
|
1964
|
Mike Hailwood
|
GREAT BRITAIN
|
MV Agusta
|
1965
|
Mike Hailwood
|
GREAT BRITAIN
|
MV Agusta
|
1966
|
Giacomo Agostini
|
ITALY
|
MV Agusta
|
1967
|
Giacomo Agostini
|
ITALY
|
MV Agusta
|
1968
|
Giacomo Agostini
|
ITALY
|
MV Agusta
|
1969
|
Giacomo Agostini
|
ITALY
|
MV Agusta
|
1970
|
Giacomo Agostini
|
ITALY
|
MV Agusta
|
1971
|
Giacomo Agostini
|
ITALY
|
MV Agusta
|
1972
|
Giacomo Agostini
|
ITALY
|
MV Agusta
|
1973
|
Phil Read
|
GREAT BRITAIN
|
MV Agusta
|
1974
|
Giacomo Agostini
|
ITALY
|
Yamaha
|
1975
|
Barry Sheene
|
GREAT BRITAIN
|
Suzuki
|
1976
|
Barry Sheene
|
GREAT BRITAIN
|
Suzuki
|
1978
|
Kenny Roberts
|
UNITED STATES
|
Yamaha
|
1979
|
Kenny Roberts
|
UNITED STATES
|
Yamaha
|
1980
|
Kenny Roberts
|
UNITED STATES
|
Yamaha
|
1981
|
Marco Lucchinelli
|
ITALY
|
Suzuki
|
1982
|
Franco Uncini
|
ITALY
|
Suzuki
|
1983
|
Freddie Spencer
|
UNITED STATES
|
Honda
|
1984
|
Eddie Lawson
|
UNITED STATES
|
Yamaha
|
1985
|
Freddie Spencer
|
UNITED STATES
|
Honda
|
1986
|
Eddie Lawson
|
UNITED STATES
|
Yamaha
|
1987
|
Wayne Gardner
|
AUSTRALIA
|
Honda
|
1988
|
Eddie Lawson
|
UNITED STATES
|
Yamaha
|
1989
|
Eddie Lawson
|
UNITED STATES
|
Honda
|
1990
|
Wayne Rainey
|
UNITED STATES
|
Yamaha
|
1991
|
Wayne Rainey
|
UNITED STATES
|
Yamaha
|
1992
|
Wayne Rainey
|
UNITED STATES
|
Yamaha
|
1993
|
Kevin Schwantz
|
UNITED STATES
|
Suzuki
|
1994
|
Mick Doohan
|
AUSTRALIA
|
Honda
|
1995
|
Mick Doohan
|
AUSTRALIA
|
Honda
|
1996
|
Mick Doohan
|
AUSTRALIA
|
Honda
|
1997
|
Mick Doohan
|
AUSTRALIA
|
Honda
|
1998
|
Mick Doohan
|
AUSTRALIA
|
Honda
|
1999
|
Alex Criville
|
SPAIN
|
Honda
|
2000
|
Kenny Roberts Jr.
|
UNITED STATES
|
Suzuki
|
2001
|
Valentino Rossi
|
ITALY
|
Honda
|
2002
|
Valentino Rossi
|
ITALY
|
Honda
|
2003
|
Valentino Rossi
|
ITALY
|
Honda
|
2004
|
Valentino Rossi
|
ITALY
|
Yamaha
|
2005
|
Valentino Rossi
|
ITALY
|
Yamaha
|
2006
|
Nicky Hayden
|
UNITED STATES
|
Honda
|
2007
|
Casey Stoner
|
AUSTRALIA
|
Ducati
|
2008
|
Valentino Rossi
|
ITALY
|
Yamaha
|
2009
|
Valentino Rossi
|
ITALY
|
Yamaha
|
2010
|
Jorge Lorenzo
|
SPAIN
|
Yamaha
|
2011
|
Casey Stoner
|
AUSTRALIA
|
Honda
|
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Grand_Prix_Sepeda_Motor
0 komentar:
Posting Komentar